Sunday, November 20, 2016

Sinopsis Film Nerve (2016)


Sutradara                   : Ariel Schulman, Henry Joost
Penulis                       : Jessica Sharzer
Pemain                       : Emma Roberts, Dave Franco, Emily Meade, Miles Heizer
Genre                          : Thriller, Mystery
Tanggal Release        : 27 Juli 2016
Rating IMDB               : 6.7/10
           
            Hi guys! Kali ini aku akan nulis tentang film Nerve. Sejak pertama kali nonton trailernya, aku udah tertarik sama ide ceritanya, terlebih lagi film ini diperankan oleh artis muda Emma Roberts dan Dave Franco. Film ini digarap oleh Ariel Schulman dan Henry Joost. Kedua sutradara ini sebelumnya menggarap film horror terkenal, yaitu Paranormal Activity 3 dan 4. Film Nerve sendiri diangkat dari novel berjudul sama karangan Jeanne Ryan. Berikut sinopsisnya:

            Film Nerve bercerita tentang seorang gadis SMA tingkat akhir bernama Venus (Emma Roberts). Venus biasa disapa dengan Vee ialah gadis pemalu dan tidak memiliki keberanian dan kepercayaan diri. Ia memiliki 2 orang sahabat disekolahnya, yaitu Tommy dan Sydney (Emily Meade). Kebalikan dengan Vee, Sydney memiliki keberanian tinggi dan menyukai tantangan. Sydney terobsesi dengan games online bernama Nerve, yaitu sejenis permainan truth or dare online, dimana dalam permainan ini kita dapat memilih ingin menjadi player atau watcher. Jika memilih player maka akan diberi tantangan-tantangan dan harus disiarkan langsung melalui kamera handphone agar dapat dilihat oleh watcher. Semakin sulit tantangan yang diberikan, maka semakin banyak uang yang dihasilkan. Tentunya reward uang ini membuat para player menjadi ketagihan bermainan Nerve. Ada 3 aturan dalam games online ini, yaitu 1. Semua yang ditantang harus merekam dengan ponselnya sendiri, 2. Cara keluar dari permainan adalah menyerah atau tamat, dan 3. Dilarang melapor ke pihak berwajib.


Kisah film ini dimulai ketika Vee berani menerima tantangan Sydney untuk menjadi player dalam permainan Nerve. Tantangan pertama Vee adalah mencium orang asing di sebuah restoran. Vee berhasil menyelesaikan misi pertamanya dan ternyata pria yang Ia cium tersebut juga merupakan seorang player di permainan Nerve. Keduanya kemudian menjadi pasangan ‘dare’ dan harus menyelesaikan beberapa tantangan bersama. Dengan nekatnya Vee menerima ajakan Ian (Dave Franco) untuk menerima tantangan dari Nerve. Awalnya tantangan yang diberikan terasa mengasyikkan bagi mereka. Namun, semakin lama, tantangan yang diberikan semakin sulit dan membahayakan. Salah satu tantangan berbahaya yang diberikan watchers adalah mengendarai motor dengan mata tertutup dan harus mencapai kecepatan 60mil/jam. FYI bagian ini menegangkan guys!. Untungnya atas arahan Vee, mereka dapat menyelesaikan misi tersebut. Kedua pasangan ini langsung menjadi viral di games online tersebut.

Melihat kesuksesan Vee membuat Sydney cemburu dan menerima tantangan berabahaya untuk mengalahkan pamor sahabatnya. Perseteruan antara Sydney dan Vee membuat Vee sadar bahwa games online ini dapat membahayakan jiwa pemainnya, sehingga Vee melaporkan permainan ini ke polisi, yang berarti Vee telah melanggar aturan ke3 games ini. Secara mendadak, uang Vee dibank hilang dan Vee diculik menjadi tahanan dalam games ini cara satu-satunya agar lepas dari tahanan games ini, Vee harus menjadi pemenang dalam tantangan final. Dalam keadaan panik Vee bersekongkol dengan Ian, Tommy, dan Sydney untuk menutup games ini selamanya. Tommy berusaha men-hack situs Nerve agar para player dan tahanan dapat terbebas dari games candu tersebut. Pada saat babak final, Ty yang berada diposisi 3 besar, menerima tantangan Vee untuk menembaknya dan atas vote watchers, Ty menembak Vee. Pada saat bersamaan, Tommy berhasil men-hack situs Nerve dan membuat para watchers sign out Nerve. Ternyata guys, Vee hanya pura-pura mati saja karena pistol yang dipake Ty tidak ada pelurunya. Ty juga team up gitu sama Sydney dalam skenario babak final ini. Akhirnya vee dan Ian bebas dari games berbahaya ini. Happy ending yeay!

Bagi kamu yang ga kebayang games Nerve ini gimana, jadi games sejenis Nerve ini seperti Pokemon Go yang lagi trend, yaitu berbasis location-based Augmented Reality game, dimana playernya harus bergerak langsung ke lokasi misi dan menyelesaikan misinya. Pas banget film Nerve tayang saat games Pokemon go lagi happening banget. Oke, Menurut aku filmnya lumayan menghibur ya, banyak tegangnya juga terutama saat player menerima tantangan ekstrem yang berbahaya. Filmnya ga se-thriller genrenya, ada romance juga sedikit antara Vee dan Ian. Pesan moral yang aku tangkep itu, kita jangan sampai diperbudak oleh games, harus tahu batasan wajar dan normalnya juga. Games Nerve ini salah satu contoh sisi buruk dari perkembangan teknologi. Untungnya games seperti ini ga ada beneran di dunia nyata (kalo ada juga pasti di banned hihihi). Akting dan chemistry Emma Roberts dan Dave Franco juga dapet banget. Cuma ntah kenapa di endingnya kurang greget sih bagi aku, karena Ty yang tiba-tiba berubah jadi baik, sebelumnya Ty sangat ambisius untuk memenangkan games Nerve ini.  Kemudian Ibunda dari Vee yang seketika tidak jadi marah melihat Vee ikut permainan ini (padahal uangnya di bank sampai hilang lho). Jadi ada beberapa bagian yang bagi aku agak mengganjal. Namun film ini oke dan worth it untuk ditonton kok!.

Rating Pribadi             : ✩✩✩✩✩✩✩

                                      Bintang 7 dari 10

No comments:

Post a Comment