Monday, November 14, 2016

Sinopsis Film Sing Street (2016)


Sutradara                                         : John Carney

Writer                                                : John Carney

Pemain                                              :  Ferdia Walsh-Peelo, Lucy Boynton, Mark mcKenna

Tanggal Release                                : 17 Maret 2016

Rating IMDB                                      : 8.0 

            Film Sing Street bergenre drama musikal dengan setting tahun 1980an di Dublin, Irlandia. Film ini dtulis dan digarap oleh John Carney dan diperankan oleh aktor rookie yang sangat berbakat, yaitu Ferdia Walsh-Peelo. John Carney sendiri sebelumnya telah berhasil menyutradarai film drama musikal yang terkenal juga, yaitu Begin Again. Kalian pasti tahu kan ? film yang drama-musikal yang diperankan oleh Keira Knightley, Mark Ruffalo, dan Adam Levine. Nah, tahun ini John Carney kembali menggarap film drama musikal yang diwarnai kisah cinta remaja tahun 1985. Langsung aja ya berikut sinopsis filmnya:
            
        Film ini bercerita tentang seorang remaja bernama Conor atau Cosmo (Ferdia Walsh-Peelo), yakni remaja Irlandia yang berusia 14 tahun. Film ini diawali dengan Cosmo yang terpaksa pindah sekolah karena masalah keuangan keluarga. Di sekolah barunya Cosmo harus beradaptasi dengan peraturan sekolah yang sangat ketat, serta anak sekolahnya yang sering ngebully Cosmo. Suatu hari Cosmo melihat seorang gadis yang sedang berdiri tidak jauh dari gerbang sekolah. Cosmo langsung jatuh hati pada pandangan pertama dengan gadis tersebut. Ia memberanikan diri mendatangi gadis tersebut lalu mengajaknya berkenalan. Gadis tersebut bernama Raphina (Lucy Boynton). Raphina seorang model, untuk gadis seusianya Ia memilih tidak bersekolah dan memilih menekuni profesisnya sebagai model. Raphina sangat terobsesi untuk ke London demi mewujudkan impiannya menjadi seorang top model. 

     

     Mengetahui bahwa Raphina seorang model, Cosmo mengajak Raphina untuk menjadi model dalam video klip bandnya. Padahal Cosmo baru pindah sekolah, jangankan band, teman saja baru punya satu, yaitu Darren. Jadi Cosmo dadakan membentuk sebuah band agar bisa mendekati Raphina. Dengan bantuan Darren, Cosmo mencari anggota untuk mengisi bandnya. Pertama Ia menemui Eamon (Mark McKenna). Eamon mengisi posisi gitaris dan syukurnya, Eamon juga memiliki peralatan band lengkap dirumahnya, sehingga rumahnya dijadikan studio untuk latihan mereka. Selanjutnya mereka memasang iklan di mading sekolah untuk mencari personil drummer dan basis. Akhirnya band bernama Sing Street terbentuk.  Awal percobaan mereka hanya mengcoverlagu Rio by Duran Duran. Namun, atas arahan abangnya Cosmo, yaitu Brendan (Jack Reynor) yang sangat menggilai musik roc’kn roll, akhirnya Cosmo menciptakan lagu baru bersama Eamon yang berjudul The Riddle of the Model. Mulai dari lagu pertama tersebut, Raphina selalu menjadi model untuk video klip band Sing Street. Kedekatan Cosmos dan Raphina pun mulai terjalin. 
         
 

         Konflik mulai muncul ketika orang tua Cosmo memutuskan untuk bercerai dan Raphina yang tidak muncul di syuting video klip lagu ketiga mereka. Setelah mencari tahu, ternyata Raphina kabur bersama pacarnya ke London. Hal ini sebenarnya tidak membuat Cosmo kaget, karena Cosmo tahu bahwa Raphina selalu ingin pergi ke London untuk mengejar impiannya sebagai model. Namun, Setelah beberapa hari Raphina menghilang, Cosmo menemukan Raphina didepan rumahnya. Raphina bercerita bahwa Ia tidak jadi pergi ke London dan putus dengan pacarnya. Raphina merasa impiannya telah hancur. 
           
         Ketika Eamon dan Cosmo membuat lagu baru mereka, Eamon menyarankan Cosmo untuk membawa Raphina ke London, juga membawa lagu-lagu buatan mereka ke label record disana. Cosmo menganggap itu bukan ide yang buruk, dan benar saja, usai penampilan Sing Street di acara Prom nite sekolah, Ia mengajak Raphina kabur ke London menggunakan Speed Boat milik keluarganya. Film ini berakhir dengan Cosmo dan Raphina pergi ke London dengan membawa sejuta harapan.
  
         
         

          Menurut aku pribadi, aku sangat enjoy menonton film ini karena kisahnya  sederhana namun disampaikan dengan cara berbeda dan humoris, membuat aku tidak bosan untuk menonton film ini hingga selesai. walaupun menurutku endingnya sedikit gantung hiks! jadi bikin penasaran deh. Film ini juga diperankan oleh aktor dan aktris asli Irlandia, sehingga aksen Inggris Irlandia-nya sangat kental. Lalu plusnya juga kita disuguhi indahnya pemandangan laut Irladia yang  membelah daratan UK dan Irlandia. Film ini memberi kesan mendalam secara moral, keberanian Cosmo untuk mendekati Raphina, membuat band dadakan, hingga aksi nekatnya untuk membawa Raphina ke London patut diancungin jempol. Cara Cosmo berusaha mendapatkan Raphina dan usahanya dalam mencapai impiannya menjadi musisi band membuatku kagum. Lagu-lagu dalam film ini juga sangat bagus dan sesuai dengan genre hits pada masa itu, yaitu rock ‘n roll. Aku bahkan mendownload sealbum Original Soundtrack film ini dan lagu favoritku adalah ‘Drive It Like You Stole It’. Bagi kamu yang suka film bergenre drama musikal aku sangat rekomen film ini!
     
Rating pribadi           ✩✩✩✩✩✩✩✩✩
                bintang 9 dari 10 

1 comment:

  1. Thanks Tika untuk review film ini. Filmnya emang bagus banget, pemainnya juga cakep-cakep dan lagunya juga asyik.

    Love,
    taleofingenious.blogspot.com

    ReplyDelete